Halaman

Thursday, May 31, 2012

Banyaknya Orang Dengan Nama Keluarga Kim, Lee, dan Park di Korea


          Di Korea nama keluarga mulai digunakan setelah zaman Joseon (Chosun) kuno, ketika negara ini mulai menjalin hubungan baik dengan negara Cina. Pada zaman Koguryo yang menjadi raja adalah keturunan keluarga Ko, pada zaman Baekje rajanya bernama Buyeo, dan pada zaman Shila rajanya bernama Park, Seok, dan Kim. Setelah itu nama kelurga seperti Lee dan Choi mulai muncul.

           Karena nama-nama keluarga seperti Kim, Lee dan Park mempunyai sejarah yang lebih panjang dibanding nama keluarga lain. Keturunan mereka pun paling banyak dan sudah menyebar. Disisi lain, sampai sekitar abad ke-16 sekitar 40 persen masyarakat Korea tidak memiliki nama keluarga itu karenanya pada zaman itu hanya kaum bangsawan yang memiliki nama keluarga. Tetapi pada tahun 1894, seiring dengan reformasi yang terjadi pada akhir zaman Joseon (Chosun) untuk membangun negara modern, diskriminasi akibat sistem strata sosial dihapuskan dan dibuatlah hukum baru yang mengatur pendaftaran keluarga. Orang-orang pun jadi ingin memiliki nama keluarga yang sama seperti nama keluarga bangsawan pada zaman dahulu.
Park Bom & Sandara Park
Kim Taeyeon
          Dan nama keluarga yang paling banyak dipilih saat itu adalah Kim, Lee, dan Park, karena nama-nama itu memiliki sejarah yang sangat panjang, silsilah keluarganya pun sudah sangat kompleks sehingga muda saja bagi orang biasa yang mau meniru kaum bangsawan untuk mengambil nama-nama itu diam-diam.

          Jadi banyaknya orang yang memiliki nama kelurga Kim, Lee, dan Park adalah karena nama-nama keluarga ini sudah ada sejak waktu yang amat sangat lama mempunyai sejarah yang panjang dan dalam waktu yang panjang ini telah mempunyai banyak keturunan. Selain itu pada pendaftaran nama keluarga, banyak rakyat biasa memilih nama-nama keluarga bangsawan seperti Kim, Lee, dan Park.

Sumber : Hal Yang Paling Bikin Penasaran

No comments:

Post a Comment